Gempar jumpa ikan naga laut

Sayangi Dan Cintai Dia Sepenuh Hati | Beri Komentar Yang Bermutu Ya.


Pelajar INOS dan pejabat memegang spesies ikan naga laut yang yang dikatakan hanya berada di perairan dangkal jika sesat atau tertular.
Kuala nerus - Seorang nelayan di Desa Pengkalan Maras, Mengabang Telipot, di sini, gempar dengan penemuan bangkai ikan naga laut atau Oarfish berukuran kira-kira 2. 4 meter ditemukan terdampar di pantai tersebut pagi 13 Agustus lalu.
Namun, spesies ikan dalam bahasa ilmiahnya 'Regalecus Russelii' bukan kali pertama ditemukan terdampar di perairan tersebut, sebaliknya ia merupakan penemuan kedua setelah penemuan pertama tiga tahun lalu.

Menurut Kurator Institut Oseanografi & Lingkungan (INOS) Universitas Malaysia Terengganu (UMT), Azwarina Mohd Azmi Ramasamy, pihaknya diberitahu tentang penemuan ikan tersebut oleh seorang nelayan, Awang Alwi, 41.
"Biasanya spesies ikan laut dalam tersebut ditemukan di perairan dangkal jika berpenyakit atau tersesat, di mana ia makan secara vertikal dengan memuncungkan mulutnya dan ia jarang ditemukan.
"Justru ikan yang memiliki tubuh pipih panjang menyerupai naga ini akan diawet untuk studi lanjut dan menjadi sampel referensi di Pusat Referensi dan Repositori laut Chian Selatan, INOS," katanya.
Menurutnya, penemuan ikan tersebut bukan sesuatu yang luar biasa karena sebelum ini spesies ikan tersebut telah dilaporkan beberapa kali ditemukan di perairan Pantai Timur.

Related Posts 

Plugin for WordPress, Blogger...